Kamis, 26 April 2012

EKSPRESIKAN DIRI DALAM RUMAH

Ada banyak alasan  untuk membuat yang kita diami tetap nyaman dan menyenangkan. Rumah adalah tempat kita mengawali sekaligus mengakhiri semua kegiatan setiap hari. Jika rumah tidak terawatt, kita pasti tidak betah di dalamnya. Akibatnya, bukannya mendukung aktifitas sehari-hari tapi justru akan menambah beban fifik dan mental kita.

Memelihara rumah seharusnya dimulai sejak awal ketika kita memilih untuk tempat tinggal.
Pilihlah rumah yang kuat  dan baik bangunannya. Untuk struktur bangunan, coba perhatikan
rumah dari jarak yang memungkinkan untuk melihat secara keseluruhan, apakah tampak miring,
bahan bangunan yang layak, saluran air yang lancar serta pelistrikan yang  bagus.
Karena keduanya (listrik dan air) merupakan hal yang vital bagi kehidupan penghuninya sehari-hari. Jangan sampai ada bagian yang rusak sehingga tidak dapat berfungsi dengan
semestinya, atau bocor. Jangan lupa juga mengecek dapur dan kamar, pastikan bahwa saluran pembuangan air dan kotoran bekerja dengan baik.

Jika ada bagian yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera diperbaiki agar kerusakannya tidak semakin parah. Pilihlah bahan bangunan yang kuat dan baik. Jangan merasa saying untuk mengeluarkan dana yang lebih untuk memperoleh kualitas yang lebih baik, karena pada akhirnya hal itu akan lebih hemat ketimbang harus sering-sering memperbaikinya.

Setelah memastikan bahwa rumah dalam kondisi baik, selanjutnya kita dapat merancangnya untuk member suasana yang lebih nyaman, misalnya dengan member warna yang meriah atau menghadirkan perabot yang anggun. Ketika merancang sebaiknya kita harus membayangkan hasil secara keseluruhan, bukan perbagian. Jangan sampai misalnya warna ruangan ternyata tidak cocok dengan jenis perabot yang ada di dalamnya. 

Pemanfaatan warna sangat tepat untuk ruang tamu dan ruang makan, karena kedua ruang tersebut adalah ruangan yang pertama kali ditemui ketika memasuki rumah. Untuk ruang tamuy yang luas, kita dapat menjadikan sofa sebagai pusat perhatian. Adanya unsur penarik perhatian membuat pandangan mata mempunyai pemandu dalam menelusuri isi ruangan. 

Sementara untuk ruang-ruang yang lebih pribadi seperti kamar tidur, kita lebih bebas mengekspresikan diri kita melalui pilihan warna dan aksesori ruangan, dengan pertimbangan jangan berlebihan sehingga tidak mengorbankan fungsinya.  PAYON 24042012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar